World Fishing

DUNIA MANCING

Tips dan Trik Memancing Ikan Bawal

Posted by Nova Chrystiyanto pada November 11, 2010

Ikan bawal tergolong rakus dan tidak pilih-pilih makanan, pemakan segala (omnivora). Apapun yang ada di dekat dia pasti disambar. Artinya makanannya gampang. Tidak dibutuhkan trik khusus untuk memancing ikan bawal….

RANGKAIAN BERPELAMPUNG

Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.

RANGKAIAN GLOSOR

Keuntungan dari rangkaian ini antara lain yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan sebelum umpan tersebut mencapai dasar, jarang membuat kenur anda dengan kenur pemancing lain saling mengikat (kusut) dan anda tak perlu memicingkan mata karena melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari anda bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu anda menghentak lagi.

Membuat Rangkaian Untuk Ikan Bawal:

Bahan :

1. Nilon / Seling / Senar /Nikelin: Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, digunakan untuk mancing ikan bergigi tajam.

2. Pancing / Mata Kail

3. Kili-kili ( Swivel)

4. Timah (pemberat) : sebesar biji jagung

Cara Merangkai :

setelah proses a s/d f selesai, pasang mata kail ( Pancing ) pada kedua ujung senar.

Ingat ! timah pemberat jangan sampai tertahan jadi artinya kenur harus dapat meluncur mulus melalui lubang pada timah pemberatnya (alat seperti ini biasa disebut bemper). Hati-hati bila timah pemberat yang dipakai ukurannya agak besar, apabila sedang mengajar ikan tiba-tiba ikan berontak dan ikan dapat meloloskan diri maka jepretan timah pemberat dan rangkaian pancing akan meluncur deras ke arah anda.

Satu Tanggapan to “Tips dan Trik Memancing Ikan Bawal”

  1. thanks info nya..

    lihat juga MY BLOG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: